PRAKARYA MEMBUAT SIM

Akhirnya gua perpanjang SIM tanpa lewat biro jasa. Walopun kelewat berapa minggu dan bayar denda dikit tapi sumpah prosesnya cepet banget. Gua milih perpanjang di Polres Jakarta Selatan, deket Wijaya itu loh, yang artinya deket banget ama kantor gua di Mampang. Tadinya gua pikir perpanjang SIM itu bakalan lama kalo ngurus sendiri tapi sumpah cepet banget. Mungkin karena Polres ini juga baru digunakan untuk pelayanan SIM jadi gak terlalu banyak pasiennya sementara kalo ngurus di Daan Mogot kaya ngantri Raskin. Jam sembilan pagi loket dah buka trus gua ngeliat tulisan ini: Gua nggak tau kenapa SATPAS (SIM), apakah satpas artinya adalah surat ijin mengemudi?. Tapi karena hari itu gua lagi males nanya jadi gua ikutin aja arah panah papan penunjuk itu. Dan sampailah gua ke loket buat laporan, ngisi formulir, mulangin sim lama, bayar denda, dan uang pembuatan yang di total jendral semuanya jadi 133 ribu rupiah, Pak! Kembaliannya saya tambahin kacang panjang sama kayu manis ya…(hehe kaya beli sayuran).
Which is murah banget menurut gua ya, secara gua orang tajir banjir. Hehe gak ding, kan ngurusnya cuman lima taon skali gituh jadi lumayan murah, karena dengan membayar uang segitu elo bisa menaiki wahana mengendarai mobil selama lima tahun asik gak jack. Makanya gua bingung kok masih ada sih orang yang rese bikin SIM palsu, penipuan yang sia-sia menurut gua. Kalo nipu mbok ya sekalian nilep dana BLBI gitu biar berasa, dan jatohnya enak pas masuk nerakanya hehe.

Abis bayar gua cuma nunggu lima menit terus dipanggil buat sesi pemotretan. Nah Mbak Polwan yang motret nya lumayan ramah karena sebelom motret dia bilang: ”Happy belated birthday ya Pak!” hihi berasa akrab bener. Trus dia ngarahin gaya supaya hasil potonya gak miring-miring…dan klik, selesai. Segitu doang Mbak? Serius gak perlu poto saya yang lagi gaya sambil megang daon, atau sambil mejeng depan mobil majikan? hehe.

Abis dipotret gua nunggu bentaran terus dipanggil ke loket yang sama dengan tempat gua bayar. Astajim! SIM gua dah jadi, dan warnanya biru, bagus banget. Edisi terbaru dimana potonya keliatan jelas gak Ble’e kaya pas gua bikin di daan Mogot. Dan inilah hasilnya…taraaaa…:

PS:
Tadinya gua sempet kuatir kalo-kalo pas abis perpanjang SIM, kartunya jadi gak muat di dompet gua dan harus beli dompet yang lebih gede. tapi ternyata, setelah diperpanjang ukuran kartunya tetep sama tuh, heran juga sih, apanya yang panjang? Terus ngeliat gambar sidik jari, gua jadi punya ide mo nambah tato di leher corak sidik jari gua. Kayanya mayan tuh di bikin fractal. Bona…here i come!

0 comments: