I M ON MY WAY HOME

Gue bergeming. Tertegun-tegun kagum pada penciptaan atas tangan, jari-jari, hidung, serta kedua mata gue, pola yang sangat rumit, cukup rumit buat nyeritain bahwa umur udah begitu banyak ngasih gurat cerita ke muka gue. Atau mari kita bersama menyebutnya umur nisbi. Umur menurut hitungan gue yang artinya bergelas-gelas alkohol, beberapa penghargaan, beberapa perjalanan jauh, benda-benda duniawi, pencapaian-pencapaian , party-party sampe pagi, bahkan keringat yang berkali-kali jatuh entah untuk siapa dan apa gunanya. Umur nisbi yang bisa dihitung dari banyaknya kebohongan bahwa semuanya berguna, semuanya punya makna, semuanya ada artinya. Pencapaian kosong adalah gue dan segala keramaian yang menyertainya. Atau barangkali kekosongan dan kebohongan punya korelasi yang sebangun, cuma aja gue lupa di laci mana gue taro hubungan antar keduanya. Seluruh hidup gue adalah kebohongan. Kebohongan bahwa gue bahagia udah bisa meraih banyak hal, kebohongan bahwa gue bangga bisa berlari melampaui waktu, kebohongan bahwa gue mampu berjalan di atasnya, juga kebohongan bahwa gue berhasil menjinakan waktu (padahal waktu itu nisbi). .
“Kayanya gue ngimpi Mar!”
“Kok gitu”
“Soalnya gue bahagia”
“Gila lu!”
Sama sekali enggak i wish you knew Mar, kalau gue bilang gue bahagia itu berarti bohong. Dikehidupan nyata bahagia itu cuma bisa didapat kalau gue lagi ngimpi bahwa di dunia ini ada yang namanya kebahagiaan mutlak. Kebahagiaan tanpa disertai kebohongan-kebohongan yang sama setiap harinya. Elo tau Mar, setiap hari sebelum berangkat keluar dari rumah gue harus nyiapin sekotak senyum manis, empat pasang sapaan ramah, setengah kilo tawa terbahak-bahak, dan satu sendok makan kesadaran. Semuanya gue tempel satu persatu di muka gue. Sesuai tempat, sesuai kebutuhan (gue lupa dimana gue taro kebutuhan gue sendiri).
“Gue boleh cape gak Mar!”
“Boleh sih, tapi jangan sekarang”
“Kenapa?”
“Karena kita sedang bercinta”
Elo serius Mar, gue, sama elo bercinta? Jangan-jangan elo gila, gue gak punya cinta! Wong seumur hidup gue gue persembahin buat diri gue sendiri kok, bahkan gue gak tahu diri gue yang mana. Karena waktu gue pelan-pelan bertanya di suatu malam hening dan jam dinding yang berdetak gue menemukan jawaban yang enggak gue duga-duga. ‘diri gue nggak pernah ngerasa nerima cinta gue sedikitpun, dan dia jujur katanya’. Duh gusti gila kan Mar? bahkan diri gue pun nggak pernah gue cintai sedikitpun, pasti ada yang salah, pasti ada yang nggak beres. Makanya gue duduk mematung di depan lo, tanpa nyentuh elo sedikitpun.
“Gue cape Mar!”
“Capek apalagi?”
Capek buat pura-pura gue baik-baik aja. Semuanya sia-sia Mar, kebanggaan yang gue bangun dengan harapan emang itu yang bisa bikin gue bahagia ternyata gak punya arti apa-apa. Tetep aja gue kosong. Gue gak butuh apa-apa lagi Mar, gue nggak mau bohong, my life sucks! Elo tau banget, gue mau muntahin apa yang udah gue dapet, gue mau ludahin semua yang orang-orang itu bilang kemapanan, gue mau mau jadi orang baik Mar, jadi orang yang gak perlu nyakitin orang laen buat dapetin apa yang gue mau dalam itungan duniawi, gue mau jadi diri gue yang punya banyak temen, yang punya banyak waktu dan perhatian buat orang yang gue sayang, gue mau jatuh cinta ke diri gue biar bisa jatuh cinta sama yang menciptakan gue. Juga pengin jadi orang yang ikhlas ama apa yang gue kasih, dan tawakal ama apa yang gue terima.
“Elo rela kan Mar kalo elo harus gue tinggalin pada akhirnya?”
“Tinggalin kemana? Elo mo jadi ustad? Jadi orang hipokrit, mo bilang kalo gue haram?”
“Gue gak enak badan Mar…(My party is over)”
“Ah bencong! Besok juga elo balik lagi kemari!”
“Sorry Mar, elo jangan marah gini, gue cuma capek…(My party is over)
"F***! Gue emang cuma alkohol, tapi gue juga punya perasaan!” Martini muntab, pecah dari gelas nya.
(My party is over).
Gue tinggalin Martini di belakang juga bingar musik dari piringan yang dijokiin Devina And Milinka. Electric Barbarella huh?
(Pesta gue dah selesai)
Gue tau dibelakang gue Martini membuang muka untuk terakhir kalinya, thanks udah pernah bingung bareng gue, udah sama-sama bergembira menambah masalah, udah pernah mengisi kerongkongan gue yang haus darah.
(Pesta gue udah selesai)
(Gue mo pulang)

0 comments: